Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Alat Bantu Tangkal Materi Negatif

   Salah satu langkah antisipasi untuk menangkal materi negatif pada internet adalah dengan meng-install software pengaman di komputer kita. Yang harus diingat adalah, berbagai macam software yang tersedia tidaklah menggantikan peran orang tua, guru ataupun komunitas dalam memberikan keamanan dan kenyamanan anak selama ber-internet. Software hanyalah alat bantu yang tidak bisa menjamin 100% menghalau materi negatif dari internet. Secara umum, software pengaman tersebut terdiri atas :

SOFTWARE PARENTAL (FILTER, MONITOR DAN PENJADWALAN)



Software ini untuk mencegah anak sengaja atau tidak sengaja membuka dan atau melihat gambar yang tak layak (pornografi, sadisme dan sebagainya) yang terdapat di situs internet. Software ini juga akan memudahkan orang tua ataupun pengasuh untuk memonitor aktifitas anak selama online dengan berbagai variasi metode pengawasan. Fungsi lain dari software ini adalah untuk membatasi jumlah/durasi waktu anak dalam menggunakan internet. Termasuk untuk pengaturan hari dan jam tertentu sehingga komputer dapat atau tidak dapat digunakan oleh anak untuk ber-internet. Contoh software : K9 Web Protection (www.k9webprotection.com)


SOFTWARE BROWSER ANAK


Software browser adalah yang menjadi perantara utama anatara internet dengan komputer yang digunakan. Browser anak secara umum telah dirancang untuk semaksimal mungkin menyaring situs, gambar atau teks yang tak layak diterima anak. Browser anak juga didesain untuk menarik dan mudah digunakan oleh anak. Contoh software : Kid Rocket (www.kidrocket.org)


SOFTWARE FIREWALL



Software ini kan membantu kita mencegah orang jahil (semisal black hacker) yang berkeliaran di Internet dan mencoba menerobos masuk ke komputer kita untuk mencuri atau merusak data didalamnya, saat kita terhubung dengan internet. Contoh software : ZoneAlarm (www.zonealarm.com)


SOFTWARE ANTI-SPYWARE


Software ini secara khusus akan berfungsi mendeteksi dan mencegah program jahat seperti spyware dan adware yang gemar meyedot data-data rahasia/privasi kita secara diam-diam. Contoh software : Ad-Aware (www.lavasoft.de)





SOFTWARE ANTI-VIRUS

Software ini untuk mencegah agar program jahat perusak data semisal virus, worm dan trojan horse bercokol dan berkembang biak di komputer kita. Contoh software : AVG anti-virus (www.grisoft.com)



  Beberapa contoh software diatas memiliki versi berlisensi freeware (gratis dan bebas digunakan bagi penguna individu ataupun non profit) ataupun shareware (gratis dan bebas digunakan dalam periode waktu tertentu).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar